Senin, 03 September 2018

JANGAN SAMPAI MERUSAK LINGKUNGAN !


KKN DESA SUKAMAJU- Sebagai Bentuk Kepedulian Lingkungan KKN DESA SUKAMAJU Pasang Papan Pengawasan di sekitar Sungai Desa Sukamaju (Selasa, 4 september 2018)

Kegitan ini di laksanakan di desa Sukamaju tempat dimana mahasiswa FISIP melaksanakan Kuliah Kerja Nyata.
Lingkungan merupakan suatu kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, Lingkungan juga dapat diartikan menjadi segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.

Desa Sukamaju Misalnya, Saat ini lingkungan di daerah sukamaju telah di cemari oleh tangan" manusia yang tidak bertanggung jawab.. salah satunya ekosistem ikan yang berada di sungai, kini ikan" kecil yg sering kita temui waktu dulu sudah tidak ada.. karena seringkali banyak yg menyetrum, portas dan menggukan bahan kimia selain itu karena memang sukamaju belum adanya Tempat pembuangan akhir (TPA) sampah maka perlu adanya pengolahan sampah untuk dapat mengurangi penumpukan sampah di desa sukamaju kecamatan cihaurbeuti kabupaten ciamis

Ketua KKN ( Ega Prayoga ) mengatakan Bahwa Saat ini desa Sukamaju tergolong sebagai desa yang ramah lingkungan karena jauh daripada daerah perkotaan yang serikali digunakan sebagai arus lalu lintas, namun beda halnya desa sukamaju, masih terlihat indah dan asri



Mahasiswa KKN FISIP UNIGAL melaksanakan Afiliasi dengan Dinas Peternakan dan Perikana Kabupaten Ciamis, hal ini dinilai sebagai bentuk kepedulian pemerintah dan memang sudah seharusnya pemerintah menunjukan bentuk kepeduliannya yang saat ini baru saja mengeluarkan papan pengawasan atas dorongan dari mahasiswa KKN FISIP UNIGAL.

Bersyukur pada kegiatan ini mahasiswa KKN Desa Sukamaju bisa memberikan satu bentuk kerjasama Pemerintah, baik dengan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kab. Ciamis dan Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Ciamis Semoga saja ini menjadi awal yang baik untuk terus bisa berkontribusi bukan hanya pada KKN saja, melainkan diluar kegiatan Mahasiswa.

Tak lupa Kepala Desa Sukamaju ( Dede Engkuh ) saat ditemui di ruangannya, bahwa beliau berharap, mahasiswa dapat mengambil hikmah dari Pelaksanakaan KKN ini, terutama dapat mendorong serta dapat memabantu mengembangkan baik itu dalam produk lokal, potensi wisata, ekonomi bahkan dalam segi pembinaan apartur desa yang handal, selain it juga beliau menyampaikan melalui kegiatan KKN Ini saya harap bukan hanya silaturahmi sampai selesai pelaksanaan KKN saja namun ini bisa menjalin silaturahmi untuk kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN SAMPAI MERUSAK LINGKUNGAN !

KKN DESA SUKAMAJU - Sebagai Bentuk Kepedulian Lingkungan KKN DESA SUKAMAJU Pasang Papan Pengawasan di sekitar Sungai Desa Sukamaju ( Selas...